Ketika sebaris kode tak berhenti menatap dan tampak naksir kepada Anda.

Perkenalan JQuery

Gambar Logo JQuery

BAB1: Pengertian JQuery

JQuery adalah sebuah paket fungsi JavaScript. Jadi, JQuery bukanlah bahasa baru dalam dunia web development melainkan hanya sebuah metode baru penulisan JavaScript. Setiap fungsi JQuery membutuhkan sebuah framework JQuery agar semua deklarasi fungsi bisa berjalan:

<script src='.../jquery.js' type='text/javascript'></script>
<script type='text/javascript'>
$(document).ready(function() {
    // Fungsi dimulai...
});
</script>

Dalam satu paket JQuery terdapat fitur-fitur ini:

  • Penyeleksian elemen HTML
  • Manipulasi elemen HTML
  • Manipulasi CSS
  • Fungsi Event HTML
  • Efek dan animasi JavaScript
  • Traversal HTML DOM dan modifikasi
  • AJAX
  • Utilitas

Cukup Satu JQuery Saja

Kesalahan yang umum terjadi pada para pengguna JQuery pemula adalah memasang lebih dari satu JQuery dalam satu dokumen. JQuery adalah sebuah paket. Jadi, sekali saja Anda telah memasang JQuery, maka sisanya tinggal menuliskan deklarasi-deklarasinya saja. Versi-versi JQuery seperti 1.3.2, 1.4.2, 1.6.2 dan yang terbaru 1.7.0 itu semua hanyalah perbaikan dari versi-versi sebelumnya. Ada dua alasan utama yang umum digunakan untuk mengembangkan JQuery:

Pertama, karena bug pada peramban (semacam kegagalan/tidak berjalannya sebuah fungsi JQuery pada peramban-peramban tertentu), sehingga JQuery harus menjalani perbaikan. Jika Anda pernah menemukan ketidaknormalan seperti: "Harusnya efek/fungsi ini bekerja pada peramban ini, tapi efek/fungsi ini tidak bekerja pada peramban itu" dalam pekerjaan Anda dan Anda merasa bahwa semuanya sudah benar, Anda bisa melaporkan bug tersebut ke http://bugs.jquery.com/newticket?redirectedfrom=.

Ke dua, untuk membuat/menambahkan fungsi baru. Misalnya, efek .fadeToggle() yang hanya ada pada versi JQuery di atas 1.4.3 (Lebih tepatnya dimulai pada versi 1.4.4 » baca di sini). Juga pada fungsi .on(), .off() dan yang lainnya yang telah ditambahkan pada versi 1.7 (selengkapnya di sini).

JQuery .fadeToggle()
Versi 1.4.4

BAB 2: Gambaran Mudah JQuery

Menurut Saya, JQuery bisa digambarkan sebagai sebuah mesin mobil yang belum bisa berjalan karena sang sopir belum menyalakan mesinnya. Sedangkan deklarasi-deklarasi yang ada di luar JQuery bisa Saya gambarkan sebagai kemudi, persneling, rem, dan hal-hal lain yang ada di ruang kemudi. Mobil tersebut (JQuery) hanya bisa berjalan jika Anda (sang sopir) menjalankan mesin mobil tersebut (mendeklarasikan fungsinya):

Gambar Script JQuery
JQuery adalah sekumpulan fungsi JavaScript. Saat Anda telah memasangnya, tugas selanjutnya hanyalah tinggal menjalankan fungsi-fungsi yang sudah dibangun di dalam JQuery.

Referensi:

  

Berlangganan

Berlangganan posting: Daftarkan alamat email Anda untuk memperoleh umpan posting terbaru langsung ke kotak masuk pesan.

 6 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI...</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI...</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :-bd :'( :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p <3 0:) :-a 7:O *fck* x@ X@ ~x( :yaya: =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Komunitas

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Info
  1. http://www.dte.web.id/2013/12/daftar-salinan-berkas-widget-halaman.html
  2. http://www.dte.web.id/2013/02/hosting-file-dengan-google-code-dan.html
Tutup
Ke atas!