Ketika sebaris kode tak berhenti menatap dan tampak naksir kepada Anda.

Bantu Saya Menjawab Pertanyaan

Selama ini Saya pikir Saya merasa sudah bisa menanggung beban pertanyaan dari artikel-artikel yang Saya tulis sendiri. Tapi hingga sekarang, sepertinya pertanyaan-pertanyaan yang masuk mulai bertambah banyak. Saya ini bukanlah seseorang hebat seperti yang kalian kira yang dapat menjawab semua pertanyaan dan permintaan. Saya adalah manusia biasa yang juga bisa merasa bingung saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan kalian yang luar biasa inovatif. Di satu sisi Saya menyukai pertanyaan-pertanyaan seperti itu, karena tanpa kalian sadari semua itu telah menumbuhkan berbagai ide baru yang tidak lazim, namun memiliki kesempatan besar untuk diwujudkan. Masalahnya Saya tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang masuk. Mau bergabung?

Saya mengizinkan kalian para pembaca yang memiliki kemampuan (atau bahkan hanya sekedar memiliki keinginan mengasah kemampuan diri) untuk ikut menjawab pertanyaan-pertanyaan di sini atau sekedar ikut memberi saran dan berdiskusi.
Jangan berpikir terlalu rumit. Anggaplah blog ini sebagai semacam forum atau grup dengan diskusi/pertanyaan yang dipicu berdasarkan posting di atasnya. Namun, sebelum memulai diskusi lebih baik baca dulu mengenai tata cara menulis komentar di sini.

Dasar Menulis Komentar

Berikut ini adalah beberapa manipulasi umum yang Saya terapkan di blog ini:

Manipulasi Area Komentar Blogger
Dasar-Dasar Manipulasi Komentar di Blog Ini
  • Memasukkan teks ke dalam <i rel="code"> akan membuat teks berubah menjadi kode yang bisa digunakan sebagai kata kunci penelusuran artikel di blog ini.
  • Memasukkan kode ke dalam <i rel="pre"> akan membuatnya dikelilingi oleh elemen <pre>. Khusus blok kode ini lebih baik digunakan untuk kode-kode panjang yang telah keluar dari garis kalimat.
  • Memasukkan teks ke dalam <b rel="quote"> akan membuatnya dikelilingi oleh elemen <blockquote>.
  • Memasukkan URL ke dalam [img] akan mengubah URL menjadi gambar. Jadi gunakanlah URL gambar. (Disarankan untuk mengunggah gambar ke fasilitas unggah gambar posting blogspot karena JavaScript akan mengubah resolusinya menjadi lebih kecil secara otomatis untuk alasan kecepatan proses muat halaman).

Penting! Mohon gunakan setiap kode sesuai dengan fungsinya. <i rel="code"> dan <i rel="pre"> hanya boleh digunakan untuk menulis kode. <b rel="quote"> hanya boleh digunakan untuk menuliskan kuota (kata-kata penting) atau untuk menyalin pertanyaan komentator di atasnya sebagai bahan penegas jawaban. Menuliskan komentar biasa dan mengelilinginya dengan kode-kode manipulasi di atas tidak diperbolehkan, karena biasanya ini hanya digunakan para penulis komentar untuk membuat mereka tampak mencolok dan lebih unggul dari yang lain (harapan kunjungan balik atau semacamnya).

Jika Anda masih merasa ragu dengan cara kerjanya, berikut ini Saya sudah membuat alat sederhana sebagai bahan belajar untuk menulis komentar dengan benar di sini:

Etika

Saya tahu bahwa keputusan Saya ini kemungkinan besar akan memicu masuknya berbagai komentar/obrolan tidak penting ke dalam artikel, jadi bersikaplah seperti biasanya. Gaya bahasa tidak terlalu penting, yang penting pesan bisa tersampaikan dengan baik. Menyisipkan URL/tautan bermanfaat dari luar diperbolehkan namun terbatas dalam catatan.

Menyertakan Tautan Bermanfaat

Mungkin Anda memiliki tutorial/info terkait yang pernah Anda tulis atau Anda pernah menemukan sebuah artikel (baik di blog ini maupun di blog luar) yang kebetulan bermanfaat sebagai tambahan atau bisa menjawab pertanyaan dari salah seorang komentator yang sedang Anda balas. Anda boleh memasukkan URL artikel tersebut di sini, dalam bentuk URL mati atau dengan cara memasukkannya ke dalam braket [url] dengan format seperti ini:

[url=http://nama_situs.com]Teks Tautan[/url]

Pertanyaan di Luar Topik

Pertanyaan di luar topik diperbolehkan, namun akan ada hal tidak menyenangkan yang mungkin terjadi, yaitu biasanya Saya akan membiarkannya dan tidak menjawabnya, sampai waktu dirasa sudah sesuai untuk membahasnya maka Saya akan menggantikannya dengan sebuah artikel yang terkait dengan pertanyaan tersebut. Setelah artikel diterbitkan, Saya akan menghapus komentar di luar topik tesebut.

Oleh karena itu, sebelum mencoba untuk menuliskan komentar/pertanyaan di luar topik, lebih baik telusuri dulu topik yang ingin Anda coba ulas/tanyakan di sini (di sini tidak ada istilah "posting lama". Semua posting masih bisa diberi tambahan komentar baru tanpa perlu khawatir bahwa komentar tersebut tidak akan terlihat. Widget notifikasi akan membantu kami untuk menemukan komentar yang Anda tuliskan dengan cepat.

Yang dimaksud dengan pertanyaan di luar topik adalah pertanyaan yang benar-benar keluar dari jalur/tema artikel. Pertanyaan, saran atau komentar yang tidak berada dalam jalur pemikiran artikel namun dipicu berdasarkan artikel di atasnya bisa dijadikan sebagai bahan diskusi lanjutan. Biasanya ini berhubungan dengan ide-ide cemerlang yang jarang tersampaikan. Saya tidak akan menghapusnya.

Sukarela

Saya tidak bisa memberikan apa-apa mengenai ketersediaan kalian dalam berdiskusi atau “ikut mengobrol” di sini. Yang bisa Saya lakukan hanya memberikan sarana untuk menunjukkan kemampuan atau mengeluarkan pendapat. Jika kalian tidak bersedia, kalian masih tetap bisa membaca semua artikel di blog ini tanpa harus ikut menyumbangkan pemikiran (ini hanyalah situs blogspot, jadi jangan terlalu dianggap serius).

Walau bagaimanapun juga, Saya hanya merasa memiliki keterbatasan soal ini dan bukan hal yang tidak mungkin jika pertanyaan-pertanyaan yang masuk suatu saat nanti akan terbengkalai karena Saya melakukan semua ini sendirian. Dan pada saat itu tiba, mungkin Anda bisa melihat Saya sedang berpose pura-pura mati dengan cara yang sangat bergaya seperti ini:

In-De-Hoy
Selamat Berdiskusi

Pertanyaan Tak Terjawab

Beberapa pertanyaan mungkin sempat tidak terjawab karena terindikasi sebagai pertanyaan yang tidak sesuai/tidak penting dan tidak bermanfaat untuk orang banyak (terlalu lokal). Pertanyaan basa-basi atau terlalu jauh dari topik kemungkinan besar akan diabaikan. Jika suatu saat pertanyaan Anda diketahui tidak terjawab, mohon anggap itu sebagai kelalaian Saya/kami dalam meneliti komentar-komentar yang masuk, atau anggap saja pertanyaan tersebut tidak terjawab karena Saya sedang sibuk dan sedang tidak sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda.

Lebih baik gunakan ruang komentar untuk mengungkapkan pendapat pribadi, memberitahukan kesalahan teori, kesalahan ketik atau sekedar memberikan saran dan kritik dalam artikel yang Saya tulis.

  

Berlangganan

Berlangganan posting: Daftarkan alamat email Anda untuk memperoleh umpan posting terbaru langsung ke kotak masuk pesan.

 38 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI...</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI...</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :-bd :'( :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p <3 0:) :-a 7:O *fck* x@ X@ ~x( :yaya: =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Komunitas

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Info
  1. http://www.dte.web.id/2013/12/daftar-salinan-berkas-widget-halaman.html
  2. http://www.dte.web.id/2013/02/hosting-file-dengan-google-code-dan.html
Tutup
Ke atas!