Ketika sebaris kode tak berhenti menatap dan tampak naksir kepada Anda.

JavaScript Atribusi Otomatis

Sticky Attribution

Setelah membuat Rich Text Editor, Saya jadi makin familiar dengan API Rentang Seleksi. Kali ini Saya membuat plugin dengan memanfaatkan fitur tersebut. Dengan tingkatan yang lebih sederhana lagi, sehingga akan mudah untuk diterapkan pada Blogger, yang Saya rasa akan bermanfaat terutama untuk para penulis yang tidak suka jika artikelnya disalin oleh penulis lain tanpa menyertakan tautan sumber yang asli.

Plugin ini tidak menjamin bahwa penyalin konten akan menyertakan tautan Anda pada artikel mereka, tapi setidaknya ini bisa memberikan sedikit peringatan. Selain itu, plugin ini juga memiliki beberapa keistimewaan, salah satunya adalah plugin ini tidak akan menambahkan tautan atribusi secara otomatis ketika teks yang disalin berada di dalam elemen <pre> dan <code>. Saya menambahkan fitur ini karena berdasarkan pengalaman Saya dulu, Saya juga pernah menggunakan plugin sejenis dari luar (kalau tidak salah namanya Tynt), tapi setiap kali Saya menyalin kode (yang tujuannya memang untuk disalin) untuk Saya gunakan, pada saat Saya menempelkan kode tersebut di suatu tempat, tautan atribusi ikut di dalamnya, sehingga orang yang tidak mengerti akan menganggap bahwa atribusi itu memang diperlukan padahal kemungkinan besar atribusi tambahan tersebut malah akan membuat kode menjadi error. Plugin ini juga akan mengembalikan seleksi ke posisi semula sesaat setelah aksi copy dilakukan.

Untuk mengaktifkan fitur ini di blog, cukup salin kode ini dan tempelkan di atas </body>:

<script>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

Simpan perubahan.

  

Berlangganan

Berlangganan posting: Daftarkan alamat email Anda untuk memperoleh umpan posting terbaru langsung ke kotak masuk pesan.

 15 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Kode yang panjang bisa menggunakan tag <i rel="pre">KODE PANJANG ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI...</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI...</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :-bd :'( :\ :p B) :Q :Ozz 7:( \o/ **p <3 0:) :-a 7:O *fck* x@ X@ ~x( :yaya: =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Komunitas

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Info
  1. http://www.dte.web.id/2013/12/daftar-salinan-berkas-widget-halaman.html
  2. http://www.dte.web.id/2013/02/hosting-file-dengan-google-code-dan.html
Tutup
Ke atas!