Menyediakan informasi seputar perkembangan mesin Blogger dan internet secara umum.

Memasukkan Kode HTML dalam Posting

Suatu saat mungkin kamu ingin berbagi kode, informasi atau tutorial dan ingin menerbitkannya dalam posting untuk dipamerkan. Namun ketika kamu meletakkan kode di dalam posting, kode-kode tersebut malah menjadi tidak terlihat, rusak, muncul pesan error pada editor posting atau bahkan menghilang sama sekali. Hal ini terjadi karena ketika sebuah kode (khususnya tag) diletakkan di dalam posting, kode-kode tersebut tidak akan diterjemahkan browser sebagai teks biasa, melainkan akan diterjemahkan sebagai sistem. Nah untuk mengatasi masalah itu, umumnya seorang penulis dunia maya akan memanfaatkan baris-baris karakter khusus seperti ini agar browser tidak menerjemahkannya sebagai sistem, melainkan sebagai simbol:

KodeHasil Tampilan
&lt;<
&gt;>
&#39;'
&quot;"
&amp;&
&hearts;
&raquo;»
&laquo;«

dan lain sebagainya...

Nah, untuk memasukkan kode HTML ke dalam posting, gunakan kode-kode pengganti tersebut untuk menciptakan simbol-simbol seperti <, > dan sebagainya yang tidak bisa diterjemahkan peramban sebagai “huruf”. Contohnya begini:

&lt;a href=&#39;http://latitudu.blogspot.com&#39;&gt;TAUTAN&lt;/a&gt;

Kode-kode tersebut nantinya akan berubah menjadi simbol pada saat posting diterbitkan. Itu terjadi karena secara teknis kita memang tidak pernah menggunakan karakter < dan > dalam naskahnya, sehingga peramban tidak akan menerjemahkannya menjadi “sistem”.

Satu cara yang paling praktis untuk mengubah simbol-simbol HTML adalah dengan menggunakan konverter HTML. Cara kerjanya sama persis dengan sistem Find and Replace dalam komputermu.

Coba masuk ke halaman ini ⇒ Konverter HTML

Konverter HTML

Cara menggunakannya cukup dengan menulis atau menempelkan kode HTML, lalu tekan Konversi.

Salin hasil konversinya lalu masukkan ke dalam editor posting. Terserah mau diletakkan pada mode HTML atau mode Tulis, hasil akhirnya nanti akan sama saja.

Tampilan kode di dalam postingmu sekarang memang menjadi tampak sangat berantakan, tapi coba sekarang kamu klik Pratinjau.

Pratinjau

Bagaimana?

  

Berlangganan

Berlangganan: Dapatkan berbagai materi dan informasi seputar dunia pemrograman yang tidak akan pernah bisa kalian dapatkan di buku dan di bangku kuliah.

 3 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Ke atas!