Menyediakan informasi seputar perkembangan mesin Blogger dan internet secara umum.

Membuat Halaman Muka Blog Tersendiri (Tanpa Posting)

Tip: Membuat Halaman Muka Blog Tersendiri, Tanpa Posting

Sebuah impian mungkin, bagi kalian untuk memiliki halaman muka blog tersendiri yang terbebas dari daftar posting yang telah diterbitkan. Dulu Saya juga begitu, sampai Saya mempelajari tag kondisional Blogger lebih jauh. Kali ini Saya akan membagikannya kepada kalian tentang bagaimana cara menghilangkan semua posting dan menambahkan pesan selamat datang di halaman muka. Yang kita butuhkan pada dasarnya hanya satu jenis tag kondisional, yaitu tag kondisional halaman muka seperti ini:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>

Pertama-tama masuklah ke menu Tema kemudian klik Edit HTML dan klik Lanjutkan:

Edit HTML Blogger
Mengedit HTML

Temukan kode yang kurang lebih tampak seperti ini:

<b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>
  <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
</b:section>

Tepat di atas kode tersebut, letakkan kode ini:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
  <b:section class='main' id='homepage'></b:section>
<b:else/>

dan tepat di bawahnya, letakkan kode ini:

</b:if>

sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><b:section class='main' id='homepage'></b:section><b:else/><b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>
    <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Posting Blog' type='Blog'/>
  </b:section></b:if>

Seperti yang kalian lihat bahwa apa yang kalian lakukan sebenarnya hanyalah menggandakan elemen <b:section> dimana salah satu hanya akan tampil di halaman muka, sedangkan satunya lagi hanya akan tampil selain di halaman muka.

Klik Simpan Tema. Sekarang masuklah ke halaman Tata Letak. Jika berhasil, seharusnya widget posting akan menghilang, digantikan oleh sebuah navigasi untuk menambahkan widget baru seperti ini:

Widget posting menghilang, dan sebuah elemen untuk menambahkan widget baru akan tampil seperti halnya pada sidebar blog.
Widget posting akan menghilang, dan sebuah elemen untuk menambahkan widget baru akan tampil seperti halnya pada sidebar blog.

Dari elemen itu Anda bisa menambahkan widget yang hanya akan ditampilkan pada halaman muka. Widget bisa berupa apa saja. Misalnya seperti teks ucapan selamat datang seperti gambar di atas, widget daftar isi, slideshow otomatis, atau yang lainnya.

Catatan: Menerapkan manipulasi ini akan membuat fitur pratinjau pada editor posting tidak berfungsi. Sebenarnya bukannya tidak berfungsi, hanya saja saat Anda mengeklik tombol Pratinjau, yang akan Anda lihat selalu berupa widget yang Anda tambahkan, sedangkan posting yang seharusnya ingin Anda lihat tidak akan tampil.

  

Berlangganan

Berlangganan: Dapatkan berbagai materi dan informasi seputar dunia pemrograman yang tidak akan pernah bisa kalian dapatkan di buku dan di bangku kuliah.

 113 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Ke atas!