Menyediakan informasi seputar perkembangan mesin Blogger dan internet secara umum.

XHTML Blogger · Elemen Halaman: Seksi dan Widget

Sebuah seksi merupakan elemen <b:section>, sedangkan widget adalah elemen <b:widget>. <b:widget> harus berada di dalam <b:section>, dan <b:section> harus berada di dalam tag <body>

<b:section> dan <b:widget> selalu dilengkapi oleh beberapa atribut. Beberapa merupakan atribut wajib dan beberapa merupakan pilihan. Namun, untuk mengaktifkan sebuah <b:section>, minimal kita hanya membutuhkan atribut id dengan nilai yang spesifik:

<b:section id='widget-area'/>

Elemen di atas nantinya akan ditampilkan sebagai bagian terpenting dalam halaman Tata Letak, yaitu berupa tab pengeditan, penambahan & penghapusan widget seperti ini:

Widget
Contoh tampilan <b:section> di halaman Tata Letak

Dan saat ditampilkan sebagai elemen HTML, <b:section> akan tampil sebagai elemen ini:

<div class='section' id='widget-area'></div>
Daftar Atribut yang Biasa Muncul di dalam Elemen <b:section>
Atribut Nilai/Contoh Nilai Keterangan
id section-1 Atribut wajib. Seperti ID dalam elemen HTML. Berupa huruf atau angka, dan harus spesifik.
class header Atribut opsional. Seperti kelas dalam elemen HTML. Tidak harus spesifik. Kelas-kelas standar dalam sebuah template blogspot adalah navbar, header, main, sidebar dan footer. Kelas-kelas standar tersebut sangat berguna bagi Blogger untuk mempermudah dalam menentukan tipe widget yang sesuai yang biasanya akan disisipkan/ditata ulang secara otomatis saat Anda mengunggah/mengganti template.
maxwidgets 1 Atribut opsional. Berupa jumlah. Atribut ini berguna untuk menentukan seberapa banyak widget yang bisa ditambahkan pada seksi terkait. Anda biasanya akan melihat atribut ini pada seksi header berupa maxwidgets='1', yang akan membatasi penambahan widget sebanyak satu buah. Setelah sebuah elemen halaman ditambahkan, elemen halaman baru tidak diizinkan untuk masuk ke dalam seksi tersebut. Ciri khususnya adalah, sebuah tombol penambahan widget akan tampil saat seksi tersebut masih mengandung jumlah widget kurang dari nilai maksimal, dan akan menghilang saat jumlahnya telah mencapai nilai maksimal.
showaddelement yes (default) Atribut opsional. Jika bernilai yes, tombol penambahan widget akan ditampilkan. Jika bernilai no, tombol penambahan widget akan menghilang (pemilik blog tidak diizinkan untuk menambahkan elemen halaman).
no
growth vertical (default) Atribut opsional. Digunakan untuk menentukan apakah widget-widget halaman akan disusun secara menyamping atau bertumpukan.
horizontal

Sebuah <b:widget> merupakan bagian dari <b:section> dan memiliki beberapa atribut wajib, yang akan terisi secara otomatis saat kita menambahkan elemen halaman/widget baru:

<b:widget id='BlogArchive1' locked='false' title='Blog Archive' type='BlogArchive'/>

Elemen di atas akan tampil sebagai item widget seperti ini saat kita berada di dalam halaman Tata Letak:

Widget Arsip
Contoh tampilan <b:widget> di halaman Tata Letak

Dan akan menjadi seperti ini saat tampil sebagai elemen HTML:

<div class='widget BlogArchive' id='BlogArchive1'>
  <h2>Blog Archive</h2>
  <div class='widget-content'>
    ...
  </div>
</div>
<div class='widget `type`' id='`id`'>
  <h2>`title`</h2>
  <div class='widget-content'>
    ...
  </div>
</div>
Daftar Atribut yang Biasa Muncul di dalam Elemen <b:widget>
Atribut Nilai/Contoh Nilai Keterangan
id BlogArchive1 Atribut wajib. Seperti ID dalam elemen HTML. Berupa huruf atau angka, dan harus spesifik.
type BlogArchive Atribut wajib. Nilai terdaftar[1] dan tidak bisa ditentukan sesuka hati. Digunakan untuk menentukan tipe widget.
locked true Atribut opsional. Digunakan untuk menentukan apakah widget bisa digeser-geser (diatur ulang susunannya) dan dihapus atau tidak. Ciri khusus tampak pada bagian bilah di samping item widget seperti ini
false
title Blog Archive Atribut opsional. Digunakan untuk menentukan judul widget.
pageType all Atribut opsional. Digunakan untuk membuat widget tampil pada halaman spesifik (???)
archive
main
item
mobile yes Atribut opsional. Jika yes, widget akan ditampilkan saat berada pada tampilan blog mobile. Jika no, widget tidak akan tampil saat berada pada tampilan blog mobile. Jika only, widget akan ditampilkan hanya pada tampilan blog mobile.
no
only

  

Berlangganan

Berlangganan: Dapatkan berbagai materi dan informasi seputar dunia pemrograman yang tidak akan pernah bisa kalian dapatkan di buku dan di bangku kuliah.

 10 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Ke atas!