Menyediakan informasi seputar perkembangan mesin Blogger dan internet secara umum.

Mengimplementasikan AJAX pada Blogger

Ajax Image

Mungkin beberapa dari kalian ada yang pernah memperhatikan/membaca komentar-komentar lama Saya atau perkataan lama Saya yang pernah Saya ucapkan, yang menyatakan bahwa kita tidak bisa mengimplementasikan AJAX pada blogspot. Saya ingin menyangkal semua perkataan Saya itu dan ingin mengatakan bahwa AJAX memungkinkan untuk diimplementasikan pada blogspot!

Untuk membuktikannya, coba Anda klik tombol di bawah ini:

Klik Untuk Memuat Halaman dengan AJAX

Tombol di atas cuma contoh awal, jadi hasil yang termuat jelas akan tampak sangat berantakan. Untuk membaca artikel ini lagi, mohon muat ulang halaman ini setelah Anda melihat efek yang terjadi.

Seperti yang kita semua tahu bahwa AJAX hanya berlaku untuk domain lokal, itu memang benar. Selama ini sepertinya Saya terlalu paranoid atau bahkan skeptis mengenai kekuatan blogspot yang sangat terbatas sehingga Saya tidak menyadari bahwa apapun bentuknya, asalkan URL yang digunakan untuk memuat adalah URL lokal, maka bisa dipastikan kita bisa mengimplementasikan AJAX pada platform tersebut. Karena bisa atau tidaknya kita di dalam mengimplementasikan AJAX sama sekali tidak ditentukan oleh kemampuan CMS Blogger bukan merupakan CMS, melainkan blog service.

Berikut ini adalah kode yang Saya gunakan:

HTML

<div id="loading-text"></div>
<div id="container"></div>
<a id="ajax-button-example" href="/search/label/jQuery?max-results=10">Klik Untuk Memuat Halaman dengan AJAX</a>

jQuery

$('#ajax-button-example').on("click", function() {
    var url = this.href;
    $('#loading-text').html('<span>Memuat halaman...</span>');
    $('#container').load(url, function() {
        $('#loading-text').html('');
    });
    return false;
});

Hanya penerapan jQuery .load() yang sangat mendasar. Jika sebelumnya Anda sudah pernah belajar mengenai seluk-beluk jQuery AJAX pasti Anda akan dengan mudah mengerti mengenai ini.

Ke depannya, mungkin akan ada beberapa tutorial/info mengenai pengimplementasian AJAX pada platform blogspot. Tapi Saya masih butuh waktu untuk memantapkannya. Begitulah.

  

Berlangganan

Berlangganan: Dapatkan berbagai materi dan informasi seputar dunia pemrograman yang tidak akan pernah bisa kalian dapatkan di buku dan di bangku kuliah.

 18 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Ke atas!