Menyediakan informasi seputar perkembangan mesin Blogger dan internet secara umum.

Jangan Mendeklarasikan `font-weight` dan `font-style` pada Font yang Tidak Memiliki Varian Tersebut

Membandingkan tampilan font Open Sans dengan varian regular saja dan font Open Sans dengan varian yang lengkap.

Ada satu hal yang mungkin tidak Anda sadari bahwa ketika Anda menyatakan font-family pada teks, maka peramban akan mencoba untuk menciptakan efek bold dan italic palsu ketika peramban tidak berhasil menemukan file font bold dan italic pada font terkait. Sebagai contoh, Tahoma hanya memiliki dua varian, yaitu regular dan bold, sehingga hasil tampilan teks pada peramban hanya akan terlihat bagus pada model teks biasa dan tebal:

Tahoma Fonts Preview
Tahoma

Karena sejak awal varian italic tidak pernah ada pada keluarga font Tahoma, maka peramban mencoba untuk merekayasa dimensi font tersebut menjadi italic. Akan tetapi tetap saja, efek italic yang Anda lihat bukanlah italic yang sesungguhnya. Perbedaan akan terlihat jelas pada jenis-jenis font yang memiliki lebih banyak varian. Misalnya Georgia:

Georgia Fonts
Georgia

Georgia memiliki empat varian, termasuk di dalamnya adalah regular, italic, bold bahkan bold-italic. Hal ini memungkinkan peramban untuk menampilkan dimensi font dalam “porsi” yang tepat pada varian font minimal. Yaitu regular, italic, bold dan bold-italic:

Georgia Fonts
Georgia

Hal Buruk yang Sering Saya Lihat

Hal buruk yang sering Saya lihat adalah bahwa seorang pengguna mencoba untuk menyatakan font-weight:bold atau font-style:italic pada keluarga font yang tidak memiliki varian tersebut atau pada keluarga font yang memiliki varian tersebut, akan tetapi varian selain regular tidak pernah disertakan di dalam deklarasi @font-face:

Bebas Neue with Fake Bold EffectBebas Neue with Regular Weight
Gambar 1: Mendeklarasikan ketebalan font heading pada situasi yang salah. Gambar 2: Dimensi font yang sesungguhnya.Keterangan: Bebas Neue pada judul dan Franklin Gothic Medium pada paragraf.

Pada keadaan normal, elemen heading akan memiliki efek tebal secara otomatis. Jadi, jangan lupa untuk mendeklarasikan font-weight dan font-style dengan nilai normal saat Anda sedang menerapkan font kustom yang tidak memiliki varian lengkap untuk elemen ini:

h1,h2,h3,h4,h5,h6 {
  font-family:"Bebas Neue",Sans-Serif;
  font-style:normal;
  font-weight:normal;
}

Mencari tutorial tentang cara menggunakan @font-face, baca di artikel Menggunakan @font-face

  

Berlangganan

Berlangganan: Dapatkan berbagai materi dan informasi seputar dunia pemrograman yang tidak akan pernah bisa kalian dapatkan di buku dan di bangku kuliah.

 9 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Ke atas!