Menyediakan informasi seputar perkembangan mesin Blogger dan internet secara umum.

Menambahkan Fitur AJAX Penelusuran di Blog

Fitur AJAX Penelusuran di Blogger
Fitur kotak penelusuran AJAX di blog.

Artikel ini merupakan hasil akumulasi dari temuan-temuan Saya tentang bagaimana kita bisa menggunakan JSON Blogger untuk menciptakan fitur penelusuran dinamis hanya dengan memanfaatkan parameter q pada tautan umpan. Fitur ini dapat diterapkan pada semua tema dan tidak bergantung pada apapun.

Lihat Demo


Integrasi Widget ke Blogger

Untuk mengaktifkan fitur penelusuran AJAX pada blog, Anda tidak perlu menambahkan markup HTML apapun ke dalam tema, karena widget ini akan menggunakan kotak penelusuran yang ada sebagai kotak penelusuran AJAX. Yang perlu Anda lakukan hanya menambahkan sebuah elemen halaman HTML/JavaScript dengan konten berupa kode ini:

<script src="//dte-project.github.io/blogger/search.min.js?live=true"></script>

Klik Simpan Setelan. Fitur penelusuran AJAX sekarang sudah siap untuk digunakan!

Jika kotak penelusuran AJAX tidak bekerja, mungkin itu karena Anda menambahkan widget ini sebelum widget kotak penelusuran. Untuk membuatnya bisa bekerja, Anda perlu meletakkan widget ini setelah widget kotak penelusuran. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pengaturan

Opsi Keterangan
live Jika bernilai false, maka pengguna perlu mengeklik tombol Telusuri pada formulir atau menekan tombol Enter pada papan ketik untuk memulai penelusuran.
url Ganti nilainya dengan alamat blog Anda atau alamat blog orang lain yang ingin Anda tampilkan kontennya.
id Alternatif untuk menentukan sumber data selain dengan url. Ganti nilainya dengan ID blog Anda atau ID blog orang lain yang ingin Anda tampilkan kontennya. ID harus dituliskan sebagai string. Menambahkan parameter id akan mengabaikan nilai parameter url. Contoh: id="4890949828965961610"
direction Direksi teks pada blog Anda. Nilainya bisa berupa "ltr" atau "rtl".
source Selektor CSS untuk menentukan formulir kotak penelusuran yang ingin dijadikan sebagai kotak penelusuran AJAX. Menghilangkan parameter ini akan membuat widget secara otomatis menyeleksi elemen formulir pertama yang ditemukan yang memiliki nilai atribut action berupa /search pada bagian akhir. Anda bisa menentukan target yang lebih spesifik, misalnya source=%23BlogSearch1%20form untuk menyeleksi elemen formulir pada widget kotak penelusuran yang memiliki ID #BlogSearch1.
container Selektor CSS untuk menentukan di mana hasil penelusuran akan ditampilkan. Menghilangkan parameter ini akan membuat widget secara otomatis menampilkan hasil penelusuran tepat di bawah formulir penelusuran. [demo]
excerpt Ganti nilainya menjadi true untuk menampilkan ringkasan artikel. Atau gunakan angka untuk menentukan maksimal karakter yang akan ditampilkan dalam ringkasan artikel sebelum diakhiri oleh karakter .
image Ganti nilainya menjadi true untuk menampilkan gambar artikel. Atau gunakan angka untuk menentukan ukuran lebar dan tinggi gambar. Anda juga bisa menggunakan parameter standar gambar Google untuk memanipulasi ukuran, seperti "s100", "s100-c", dan "w100-h50".
target Jika bernilai "_blank", semua tautan akan terbuka di tab/jendela baru saat diklik.
chunk Digunakan untuk menentukan banyaknya hasil temuan yang ditampilkan dalam satu kali penelusuran.
text Label-label yang diperlukan pada tampilan penelusuran.

Parameter-parameter di atas dapat Anda tambahkan sebagai parameter URL setelah nama berkas search.min.js:

<script src="search.min.js?live=true&amp;chunk=100&amp;text[loading]=Memuat%E2%80%A6"></script>

  

Berlangganan

Berlangganan posting: Daftarkan alamat email Anda untuk memperoleh umpan posting terbaru langsung ke kotak masuk pesan.

 13 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Komunitas

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Ke atas!