Menyediakan informasi seputar perkembangan mesin Blogger dan internet secara umum.

Mengapa Saya Lebih Memilih PHP dibandingkan dengan Node atau Python?

Sebelum menuju kepada alasan utama, tentu Saya perlu menjelaskan terlebih dahulu tentang kebutuhan Saya dalam membuat sebuah perangkat lunak. Saya tidak tumbuh di lingkungan keluarga dan teman-teman dengan latar belakang pendidikan pemrograman komputer. Saya melakukan semua ini hanya untuk mengisi waktu luang Saya saja. Dan ketika Saya memikirkan tentang bahasa sisi peladen yang paling standar dan ringan namun tetap mencukupi, PHP sepertinya sudah mampu memenuhi kebutuhan Saya. Selain itu, PHP juga merupakan bahasa sisi peladen pertama yang Saya pelajari.

Saya pernah sekadar tahu beberapa bahasa pemrograman lain melalui artikel-artikel yang Saya baca, yang mereka bilang bahasa ini dan itu jauh lebih baik dan lebih cepat dari PHP. Dua di antaranya yang sedang populer sekarang adalah Node dan Python. Tapi saat itu Saya benar-benar tidak berada dalam keadaan yang bingung hingga Saya harus bertanya ke berbagai grup dengan pertanyaan-pertanyaan seperti “Bahasa pemrograman apa yang perlu Saya pelajari?” atau “Mana yang lebih baik: A, B atau C?”

Saya mempelajari sesuatu karena kebutuhan, bukan karena tuntutan industri dan pasar pemrograman komputer. Karena Saya tidak bekerja di bidang tersebut maka Saya tidak perlu berjuang untuk memenuhi kriteria mereka. Saya menggunakan bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah Saya saja, dan kalau ternyata ada orang lain yang merasa terbantu dengan kode-kode yang Saya berikan secara cuma-cuma di blog ini yaaa… ya sudah lah ya… Saya nggak perlu bersikap heboh atau bagaimana.

Tapi mungkin yang jadi pertanyaan adalah kenapa Saya tidak memilih salah satu dari dua bahasa populer tersebut?

Jawabannya adalah karena mereka berada di luar kebutuhan Saya. Saya tidak bilang kalau Node dan Python itu jelek karena Saya belum pernah mencobanya. Dan kalaupun ternyata performanya memang jauh lebih baik dari PHP yaaa… ya sudah lah ya… Saya juga nggak perlu terlalu heboh atau bagaimana. Cukup bersikap biasa saja. Karena saat ini Saya memang belum membutuhkannya. Saya hanya perlu menunggu sampai Saya membutuhkannya, sehingga Saya tidak perlu membuang-buang waktu Saya untuk mempelajari sesuatu tanpa tujuan. Saya sudah merasa cukup dengan PHP karena kriteria yang perlu dipenuhi memang hanya untuk memproses data secara dinamis agar bisa dikeluarkan sebagai berkas statis. Dengan PHP saja sudah bisa melakukan tugas-tugas tersebut, dan kabar baiknya adalah PHP ada di mana-mana!

Tapi, kalau memang ternyata ada bahasa pemrograman lain yang jauh lebih sederhana dan berukuran lebih kecil dari PHP, maka tidak ada salahnya juga untuk Saya pelajari.

Mungkin nanti akan ada yang mengkritik bahwa Saya ini sudah terjebak di zona nyaman karena enggan untuk mempelajari hal-hal baru. Tapi mungkin kalian lupa bahwa ada juga yang dinamakan sebagai fokus, gigih dan konsisten. Berkembang tidak harus menguasai berbagai bidang. Karena jika di satu bidang saja kamu masih setengah-setengah, maka tidak ada gunanya juga kamu meloncat-loncat ke lain bidang. Jangan egois. Kamu tidak bisa menguasai semuanya, karena manusia juga perlu bekerja sama dan saling membantu. Jadi pada intinya mungkin seperti itu. Kamu tidak perlu tahu dan bisa mengerjakan semua hal. Karena ketika kamu tahu dan bisa mengerjakan semuanya, maka kamu jadi tidak membutuhkan siapa-siapa lagi. Dan ketika itu terjadi… kamu akan merasa sendirian. Setelah itu kamu akan stres, terus mati.

  

Berlangganan

Berlangganan posting: Daftarkan alamat email Anda untuk memperoleh umpan posting terbaru langsung ke kotak masuk pesan.

 3 Komentar

Memuat…

Tautan (link) hidup dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://example.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI…</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI…</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI…</em>

Khusus untuk membalas komentar disarankan menggunakan tombol balas di samping komentar terkait dibandingkan menggunakan formulir komentar di bawah agar komunikasi lebih terstruktur. Karena mungkin, apa yang Anda tanyakan/katakan saat ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca lain.

:) :( ^_^ :D ;) :bd :'( :\ ;p B) :Q :Ozzz 7:( \o/ **p :* 0:) :a 7:O *fuck* x& x@ ~x( *yaya* =p*

Nama Saya Taufik Nurrohman. Sebenarnya Saya tidak bisa disebut sebagai seorang yang profesional dalam bidang ini, karena Saya tidak menguasai bidang ini melalui pendidikan formal. Saya hanyalah seorang antusias. Dibandingkan sebagai seorang desainer atau pengembang, Saya lebih suka jika disebut sebagai seorang hobiis saja yang tertarik dengan dunia web.

Daftar Tautan

Komunitas

Saya tidak bisa hidup tanpa JavaScript! Aktifkan JavaScript?
Ke atas!